Kamis, 15 Desember 2011

Seorang guru

Dijaman yang modern ini sangat sulit bagi seorang guru dalam mendidik anak muridnya, yang disebabkan banyak pengaruh-pengaruh yang kurang baik merasuki pikiran para siswa, sehingga pekerjaan guru semakin berat dalam mendidik anak asuhnya terutama dalam bidang ahlak siswa.
Di Indonesia media televisi bukan lagi merupakan unsur yang mendidik bagi anak dan perkembangan anak, salah satu contoh banyaknya tayangan televisi yang menunjukkan kekerasan dan tindak para perampok hak azasi yang dapat menjadi pelajaran yang kurang baik bagi siswa kedepannya.
Guru dalam hal ini tidak dapat berbuat banyak karena :
  1. Waktu
  2. Tuntutan Kurikulum
  3. Sistem yang membatasi ruang kerja guru
  4. Kurangnya daya dukung
Guru merupakan bagian yang paling dirugikan dalam hal ini, karena begitu banyak tuntutan dan beban yang diberika kepada guru membuat semakin terpuruknya kondisi seorang guru di negri ini, banyak komisi perlindungan yang menyoroti segala tindak tanduk guru, yang berakibat sulit bagi seorang guru untuk mendidik siswanya.
Tugas guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik, bagaimana bisa mendidik dengan tenang kalau semua dibatasi, kita kilas balik kemasa silam dimana kita masih menjadi seorang siswa sangat jauh berbeda dengan kondisi saat ini satu hal yang perlu di ingat kedisiplinan tidak akan tercapai jika ada kerbatasan, tujuan tidak akan sampai jika tidak ada fasilitas yang memadai.
Jadi bagaimana semestinya guru berbuat agar dapat menjadikan generasi yang berkualitas dan baik sehingga guru tersebut terkatagori frofesional ada 10 ciri yang dapat kita perhatikan.
1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.
2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.
3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat.
6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.
8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.
9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.
10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
Dari hal tersebut diatas mampukah kita dengan kondisi seperti sekarang ini, semoga kita semua mampu menjalankan tugas mulia ini  seperti ungkapan Khalifah Ali bin Abi Talib :
"Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan".

  Oleh : Dwi karsono, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar