RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MA Negeri Landak
Mata Pelajaran. : Matematika
Materi Pokok. : Dimensi Tiga (jarak titik ke titik,
jarak titik ke garis, jarak titik kebidang)
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Informasi
Pembelajaran |
|||
Persiapan
Pembelajaran |
1.
Membuat
group kelas melalui media online (misalnya whatsapp, messenger, dll) dan
memastikan anggota group telah tergabung secara keseluruhan. 2. Penyampaian
materi/penugasan melalui media daring dalam bentuk word/image/video untuk
memudahkan siswa belajar secara daring, bahan ajar/tugas tidak perlu mengejar
target kurikulum agar siswa tidak merasa terbebani. 3.
Membuat
kesepakatan terkait kehadiran, pengumpulan hasil kerja melalui media daring
yang disepakati (misalnya whatsapp, messenger, dll). 4.
Memeriksa
hasil kerja siswa. 5.
Memberikan
motivasi belajar dan selalu mengingatkan agar patuh terhadap protokol
kesehatan ketika berada diluar rumah. |
||
Tujuan |
1.
mendeskripsikan
dan menentukan jarak dalam ruang yang meliputi jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik ke bidang. 2.
mengamati
dan mendeskripsikan masalah jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik
ke bidang pada ruang 3.
mengamati
dan menerapkan konsep jarak antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang
untuk menyelesaikan masalah pada dimensi tiga |
||
Strategi/Aktifitas
Pembelajaran |
|||
Metode
: Discovery Learning |
Langkah Pembelajaran
: A. Pendahuluan 1.
Melalui
media daring (misalnya whatsapp, messenger, dll), mengucapkan salam, mengecek
kesehatan siswa, memotivasui pentingnya belajar di rumah. 2.
Menyampaikan
materi Dimensi Tiga (jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak
titik kebidang)bisa secara video
conference atau menyimak video pembelajaran. B. Kegiatan
Inti 1.
Guru
membentukan kelompok kecil yang beranggotakan 4 orang dengan whatsapp 2.
Guru
memberikan permasalahan tentang Dimensi Tiga (jarak titik ke titik,
jarak titik ke garis, jarak titik kebidang) bisa secara video conference atau menyimak video
pembelajaran. 3.
Guru
merumuskan pertanyaan seputar materi refleksi sebuah titik. 4.
Guru
melakukan bimbingan kepada kelompok kecil dalam menyelesaikan permasalahan
tentang Dimensi Tiga (jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak
titik kebidang)dengan cara daring. 5.
Siswa
melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk mengumpulkan informasi berkaitan
dengan Dimensi Tiga (jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak
titik kebidang) melalui media daring yang disepakati (misalnya
whatsapp, messenger, dll). 6.
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang sedang di pelajari. C. Penutup 1.
Guru
memberikan ungkapan terima kasih kepada siswa yang tetap disiplin belajar
dalam keadaan seperti pandemi ini. 2.
Guru
juga memberikan informasi materi pertemuan berikutnya secara daring. |
||
Media: Browser Whatsapp Messenger |
|||
Sumber
Belajar: 1.
Buku Siswa 2.
Bahan Ajar 3. Internet 4.
Youtube |
|||
Alat
dan Bahan: 1.
Hp/ Laptop/ Komputer 2.
Alat Tulis |
|||
Asesmen/Penilaian |
|||
Jenis Penilaian |
Bentuk Penilaian |
Keterangan Penilaian |
|
Sikap |
Observasi/Jurnal |
Tanggung
Jawab, Santun, Percaya Diri , Kepedulian |
|
Pengetahuan |
Penugasan Tes
Tertulis |
Tugas
pada bahan ajar Tes
Kompetensi Online |
|
Keterampilan |
Praktek/Rubrik |
Proses
dan hasil pengumpulan data |
|
Mengetahui, ..............,………..
20...
Kepala
Sekolah SMA …………….. Guru
mata pelajaran
……………………… ………………………
NIP………………… NIP.
…………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar