Selasa, 25 Oktober 2011

ciri lembaga pendidikan

Ciri-ciri Lembaga Bimbingan Belajar yang Baik

Sebuah Lembaga Bimbingan Belajar adalah Sebuah tempat dimana siswa dapat memperdalam ilmu yang di pelajari di sekolahnya. Bagi siswa dan siswi maka hendaknya dapat memilah milah mana Lembaga Bimbingan Belajar yang bagus dan mana Lembaga Bimbingan Belajar yang kurang pantas untuk di masuki.

Berikut akan kami paparkan beberapa ciri- ciri sebuah Lembaga Bimbingan Belajar yang baik dan harus di masuki.:

1. Memiliki tempat yang nyaman bagi siswa.
Banyak orang tua mengeluhkan anaknya tidak mau belajar karena tempatnya tidak ada, artinya tidak memiliki tempat yang dapat mendukung aktivitas siswa sehingga timbul kenyamanan dalam belajar. Dengan adanya kendala tersebut maka orang tua mempercayakan Pendidikan kepada sebuah Lembaga Bimbingan Belajar.
Oleh karena itu Sebagai Lembaga Bimbingan Belajar yang bbaik harus mengutamakan kualitas tempat tersebut yakni memiliki kenyamanan bagi siswa. Nyaman bukan berarti harus mewah namun nyaman adalah tempat yang di desain tertentu sehingga siswa dapat menerima tempat tersebut dengan senang hati. Maka sekali lagi Lembaga Bimbingan yang baik harus memiliki tempat nyaman untuk kegiatan belajar

2. Tempatnya harus di hindarkan dari kebisingan.
Bagi anak anak yang cerdas pasti memiliki nila kefokusan yang bagus. Mereka dapat belajar dalam lingkungan apapun, sampai sampai lingkungan yang amat bising. Walaupun begitu tetap saja anak cerdas tersebut, bisa mengalami kejenuhan belajar apabila terus menerus dsalam kondisi yang bising dalam belajar.
Terus bagaimana dengan anak yang pas pasan atau dalam keadaan yang kurang nilai kefokusan maka akan menjadi masalah yang besar apabila di biarkan begitu saja. Orang tua harus bisa menyediakan tempat yang khusus bagi siswa agar dapat menjadi siswa yang berkompeten di kelasnya.
Begitu juga dengan Lembaga Bimbingan Belajar harus bisa menciptakan sebuah lingkungan yang aman, tertib, jauh dari kebisingan atau paling di minimalisir dari kebisingan tersebut. Sebabn Sebuah Lembaga Bimbingan Belajar yang baik pasti di cari orang, sebaliknya orang tua pasti mengarahkan anaknya untuk belajar di Lembaga Bimbingan Belajar yang jauh dari kebisingan.

3. Memiliki Sumber Daya Manusia yang berkompeten.
Lembaga Bimbingan Belajar adalah tempat Belajar. Di dalamnya terdapat guru atau tentor yang di siapkan untuk mengajar bagi siswa yang masuk kedalamnya. Maka jangan sampai sebuah Lembaga Bimbingan Belajar di Isi oleh guru yang kurang berkompeten.
Mungkinkah hal tersebut terjadi?Bisa jadi. Ya.
Dengan munculnya kebijakan pemerintah yang membatasi standar kelulusan menyebabkan siswa, oarng tua, bahkan pihak sekolah menjadi ketakutan apabila ada siswanya yang tidak lulus sekolah. Oleh karena itu mereka berlomba lomba menghalalkan segala cara agar siswa dapat lulus ujian.
Dengan adanya kebijakan tersebut. Maka Lembaga Bimbingan Belajar di serbu oleh siswa dari semua kalangan, sehingga mengakibatkan overload siswa. Pastinya Lembaga Bimbingan Belajar harus Mendapatkan guru dalam waktu yang cepat. Dan kalau Lembaga Bimbingan Belajar belum siap maka Tentor yang di ambil pasti asal asalan. Maka tamatlah kepercayaan orang tua terhadap Lembaga Bimbingan Belajar jika hal tersebut terjadi.
Maka dari itu Lembaga bimbingan Belajar yang baik harus sudah siap dalam mengatasi masalah overload siswa sehingga orang tua siswa lebih percaya terhadap Lembaga Bimbingan Belar tersebut. Kalau tidak di antisipasi lebih dini akan merugikan kedua belah pihak baik Lembaga Bimbingan Belajar maupun orang tua. Lembaga Bimbingan Belajar kehilangan kepercayaan wali murid dan orang tua di rugikan karena anaknya tetap kurang dalam pemahaman belajarnya.

4. Memiliki fasilitas Belajar yang memadahi.
Memiliki sarana belajar yang baik adalah imipian semua siswa . prasarana yang lengkap memudahkan guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Hanya karena kekurangan peralatan maka materi sekolah tidak terselesaikan.
Maka dari itu agar prsoses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik maka sarana dan prasarana semaksimal mungkin harus di lengkapi. Hal itu berlaku juga bagi Lembaga Bimbingan Belajar, Sebagai sebuah Lembaga profit yang bergerak dalam pendidikan maka Lembaga Bimbingan Belajar harus memenuhi semua keperluan dalam pembelajaran agar orang tua percaya kepada Lembaga Bimbingan Belajar tersebut. Kalau fasilitas lengkap pastinya belajarnya menjadi mudah dan menyenangkan.

5. Peduli terhadap siswa yang hiperaktif dan nakal.
Banyak guru ataupun tentor yang mengeluhkan terhadap anak yang hiperaktif ataupu nakal. Mereka cenderung menghindari terhadap anak yang hiperaktif.
Maka sebagai sebuah Lembaga Bimbingan Belajar yang baik harus mentrainer para guru serta tentornya untuk menjadi pembimbing yang bisa mengayomi setiap anak didiknya walaupun kondisi anaknya sangat memprihatinkan. Maka selayakya orang tua selalu mengedepankan Lembaga bimbingan Belajar yang mengutamakan Guru yang profesional tanpa membeda bedakan jenis siswa.

6. Mengajarkan ilmu Agama dan Moral.
Banyak sekali institusi pendidikan yang mengeliminasi pelajaran agama yang berisikan moral di tempatnya. Kalaupun ada sangat minim, padahal seharusnya pelajaran agama adalah pelajaran prioritas yang dapat mendasari pemikiran anak. Dan hal tersebut telah terbukti sejka manusia dilahirkan.
Maka sebagai orang tua yang baik harus memilih Lembaga Bimbingan Belajar yang mengutamakan agama sebagai dasar pendidikan.
Lembaga Bimbingan Belajar Suprauno selalu mengedepankan Agama sebgai pelajaran yang selalu di jadikan pendamping ketika belajar pelajaran yang lain. Seperti pelajaran ipa yang memerlukan kebenaran hakiki maka materi tersebut harus di kroscek dengan kebenaran dalam beragama dan jika saling bertentangan harus di berikan solusinya agar tidak saling bertentangan.
7. Memiliki bidang Pelajaran Motivasi Belajar.
Motivasi adalah dorongan dari dalam yang di miliki oleh siswa. Kesadaran belajar anak yang tinggi akan membuat semangat belajar anak semakin tinggi . Sebaliknya apabila motivasinya menurun maka semangat belajarnya akan berkurang.
Sebagai Lembaga bimbingan Belajar yang baik maka motivasi harus di jadikan pendamping utama di dalam sela sela pembelajaran agar semangat belajar tidak sampai kendor.

Demikian beberapa tips cara memilih sebuah Lembaga Bimbingan Belajar yang baik. Dengan adanya wawasan tersebut hendaknya kita tidak asal asalan dalam memilih sebuah Lembaga Bimbingan Belajar. Karena jika kita keliru dalam memilih Lembaga Bimbingan Belajar maka akan amburadul kualitas pendidikan anak kita. Semoga tips ini dapat di jadikan rujukan dalam menjadikan pendidikan prioritas bagi anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar