KALENDER 1901-2036 | ||||||||||||||||
TAHUN (A) | BULAN (B) | |||||||||||||||
1901-2036 | Jan | Feb | Mar | Apr | Mei | Jun | Jul | Aug | Sep | Oct | Nov | Des | ||||
25 | 53 | 81 | 9 | 4 | 0 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 | |
26 | 54 | 82 | 10 | 5 | 1 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 | |
27 | 55 | 83 | 11 | 6 | 2 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 | |
28 | 56 | 84 | 12 | 0 | 3 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 | |
1 | 29 | 57 | 85 | 13 | 2 | 5 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 |
2 | 30 | 58 | 86 | 14 | 3 | 6 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 |
3 | 31 | 59 | 87 | 15 | 4 | 0 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 |
4 | 32 | 60 | 88 | 16 | 5 | 1 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 |
5 | 33 | 61 | 89 | 17 | 0 | 3 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 |
6 | 34 | 62 | 90 | 18 | 1 | 4 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 |
7 | 35 | 63 | 91 | 19 | 2 | 5 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 |
8 | 36 | 64 | 92 | 20 | 3 | 6 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 |
9 | 37 | 65 | 93 | 21 | 150 | 1 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 |
10 | 38 | 66 | 94 | 22 | 6 | 2 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 |
11 | 39 | 67 | 95 | 23 | 0 | 3 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 |
12 | 40 | 68 | 96 | 24 | 1 | 4 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 |
13 | 41 | 69 | 97 | 25 | 3 | 6 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 |
14 | 42 | 70 | 98 | 26 | 4 | 0 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 |
15 | 43 | 71 | 99 | 27 | 5 | 1 | 2 | 4 | 6 | 2 | 4 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 |
16 | 44 | 72 | 0 | 28 | 6 | 2 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 |
17 | 45 | 73 | 1 | 29 | 1 | 4 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 |
18 | 46 | 74 | 2 | 30 | 2 | 5 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 |
19 | 47 | 75 | 3 | 31 | 3 | 6 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 | 5 | 1 | 3 | 6 | 1 |
20 | 48 | 76 | 4 | 32 | 4 | 0 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 | 0 | 3 | 5 | 1 | 3 |
21 | 49 | 77 | 5 | 33 | 6 | 2 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 | 1 | 4 | 6 | 2 | 4 |
22 | 50 | 78 | 6 | 34 | 0 | 3 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 | 2 | 5 | 0 | 3 | 5 |
23 | 51 | 79 | 7 | 35 | 1 | 4 | 4 | 0 | 2 | 5 | 0 | 3 | 6 | 1 | 4 | 6 |
24 | 52 | 80 | 8 | 36 | 2 | 5 | 6 | 2 | 4 | 0 | 2 | 5 | 1 | 2 | 6 | 1 |
HARI (C) | CARA PENGGUNAAN | |||||||||||||||
Min | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | 36 | Untuk mencari hari apakah tanggal 17 agustus 1945. Cari angka | |||||||||
Sen | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | 37 | tahun (45) pada kolom (A) Tarik Garis Lurus Sampai Pada Kolom | |||||||||
Sel | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | (B) yang menunjukan tanda A (untuk bulan agustus), baca angka | ||||||||||
Rab | 4 | 11 | 18 | 25 | 32 | yang tertera di sana (Disini menunjukan angka 3). Jumlahkan | ||||||||||
Kam | 5 | 12 | 19 | 26 | 33 | angka ini dengan angka tanggal yang dicati (17),dari penjumlahan | ||||||||||
Jum | 6 | 13 | 20 | 27 | 34 | ini (17 + 3 = 20). Lihat pada kolom C (Hari), angka 20 segaris | ||||||||||
Sab | 7 | 14 | 21 | 28 | 35 | dengan hari jum'at,maka tanggal17 agustus1945 ialah hari jum'at |
Minggu, 30 September 2012
kalender selamanya
proposal life skill
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmaanirrahim
Alhamdulillahirabbil
‘alamin, segala puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, yang telah
memberikan nikmat dan hidayah-Nya, sehingga kami mampu menyelesaikan proposal
permohonan bantuan untuk pendidikan ketrampilan kecakapan hidup ( life skill ) di
Madrasah Aliyah Negeri Ngabang. Salam sejahtera semoga kekal dipangkuan insan
pilihan Nabi Muhammad SAW, yang telah memimpin umat kejalan yang benar dan
memberi syafa’at kelak dihari kiamat.
Ribuan terima kasih kami sampaikan
kepada semua pihak yang telah memberi motivasi dan bantuan baik berupa materi
ataupun pikiran dalam ikut serta dan berpartisifasi dalam penyusunan proposal
program madrasah kecakapan hidup ( life skill ) bagi siswa/siswi.
Program kecakapan hidup ( life skill ) menjahit adalah suatu proses yang sistematis yang direncakan madrasah untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dari sikap yang diperlukan dalam melaksanakan tugas seorang siswa/siswi diharapkan akan dapat mempengaruhi penampilan kerja siswa/siswi yang bersangkutan maupun membuat lapangan pekerjaan sendiri setelah selesai dari Madrasah Aliyah Negeri Ngabang.
Program kecakapan hidup ( life skill ) menjahit adalah suatu proses yang sistematis yang direncakan madrasah untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dari sikap yang diperlukan dalam melaksanakan tugas seorang siswa/siswi diharapkan akan dapat mempengaruhi penampilan kerja siswa/siswi yang bersangkutan maupun membuat lapangan pekerjaan sendiri setelah selesai dari Madrasah Aliyah Negeri Ngabang.
Untuk merealisasikan program ini
perlu mendapat dukungan dan uluran tangan dari pemerintah dalam hal ini Kanwil
Provinsi Kementerian Agama Kalimantan Barat program ini tidak akan dapat
berjalan. Untuk itu kami selalu membuka diri mengharap bantuan dan
partisifasinya dari pemerintah khususnya kementerian agama wilayah ( Kanwil ),
dan kami berterima kasih kepada semua pihak yang memberi dukungan dan bantuan
demi suksesanya program ini nanti.
Ahirnya tiada gading yang tak retak,
tiada manusia yang sempurna. Untuk itu kami mohon maaf apabila dalam penyusunan
proposal ini terdapat kesalahan. Semoga amal para bapak diterima dan mendapat berkah
dari Allah SWt. Amin
Ngabang, 24 Septeber 2012
Kepala MA Negeri Ngabang
Muhamad Sabirin, S.Ag, M.Si
NIP 196910281997031002
PROPOSAL
PENGAJUAN BANTUAN PENGADAAN
KECAKAPAN
HIDUP ( LIFE SKILL ) PERALATAN MESIN JAHIT
PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI NGABANG
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Pembelajaran dalam proses pendidikan sangatlah beragam macam dan jenisnya,
hal itu tergantung bagaimana karakteristik dan model subjek pembelajaran dalam
hal ini adalah siswa sebagai peserta didik. Indikator keberhasilan proses
pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pendidik dalam hal ini adalah
guru mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang akan
dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran tidak menjadi hal yang
menjemukan tetapi menyenangkan. Oleh karenanya, kreatifitas guru dalam
mengembangkan materi ajar sangatlah penting sebagaimana diamanahkan dalam
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah dicetuskan dan sedang berjalan
pada saat ini.
Mencerdaskan
kehidupan bangsa, seperti yang diamanatkan pada UUD 1945 merupakan pijakan
filosofis bagi system pendidikan nasional, sekian banyak kompetensi yang harus
dimiliki oleh seorang warga Negara Indonesia setelah menempuh pendidikan
seperti yang disebutkan dalam UU Nomor : 20 tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional. UU ini tidak lepas dari UU nomor : 2 tahun 1989 yang masih
mempunyai berbagai kendala dan masalah. Saat ini Pendidikan Nasional dihadapkan
beberapa masalah yang krusial. Masalah tersebut adalah pertama, pemerataan
memperoleh pendidikan yang belum merata, kedua perlu peningkatan kwalitas dan
revelansi pendidikan, dan ketiga masalah peningkatan managemen pendidikan.
Sarana dan prasarana
pendidikan kecakapan hidup ( life skill ) yang memadai perlu dilengkapi untuk
memenuhi kwalitas pendidikan dan keterampilan. Berdasarkan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional no. 23 tahun 2006, tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B.
Masalah.
Masih
rendahnya keterampilan yang dimiliki remaja saat ini, khususnya siswa/siswi MAN
Ngabang.
C.
Tujuan.
1. Menggali
sumber daya manusia untuk meningkatkan kecakapan hidup ( life skill).
2. Menumbuh
kembangkan bakat serta keterampilan siswa/siswi MAN Ngabang.
3. Terciptanya
lapangan kerja bagi siswa yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
D.
Visi
dan Misi MAN Ngabang
1. Visi :
“ Unggul Dalam Prestasi Berlandaskan IPTEK, IMTAQ dan
Akhlak Mulia “
2. Misi
Untuk mewujudkan
visi di atas, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ngabang Kab. Landak sesuai dengan
tugas dan fungsinya telah menetapkan misinya sebagai berikut:
a.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran;
b.
Meningkatkan
kualitas tamatan dalam bidang keilmuan, keagamaan dan keterampilan;
c.
Meningkatan
prestasi kegiatan ekstra kurikuler;
d.
Meningkatkan
kualitas ibadah shalat;
e.
Meningkatkan
kualitas membaca Al qur’an.
E.
Sasaran.
Siswa
Madrasah Aliyah Negeri Ngabang mendapatkan pelajaran dengan kecakapan hidup (
life skill ) yang mampu bersaing dikehidupan setelah selesai pendidikan dari
Madrasah.
F.
Kebutuhan.
1. Mesin
jahit sebanyak 20 unit.
2. Mesin
obras sebanyak 20 unit.
3. Alat
pelobang kancing sebanyak 10 unit.
4. Mesin
bordir sebanyak 20 unit.
5. Benang
jahit, benang obras dan benang bordir masing-masing 10 set.
6. Perlengkapan
jahit lainya ( penggaris, meteran, kapur dll )
BAB
II
PROFIL
MADRASAH
1. NAMA MADRASAH :
MADRASAH ALIYAH NEGERI NGABANG
2. ALAMAT
a. Jalan :
Jl. Padat Karya Sui Buluh
b. Desa :
Hilir Kantor
c. Kecamatan :
Ngabang
d. Kabupaten :
Landak
e. Nomor Telpon :
( 0563 ) 21354
3. SK. PENDIRIAN (NOMOR/TANGGAL/
INSTANSI YANG MENGELUARKAN) : No. 558/Tahun 2003 Tgl. 30 Desember 2003
Departemen Agama RI
4. NOMOR STATISTIK MADRASAH :
312610212030
5. JENJANG AKREDITASI :
B
6. TAHUN BERDIRI :
2003
7. KEPEMILIKAN TANAH
a. Status Tanah :
Hak Pakai Nomor 1195
b. Luas Tanah :
9.147 M2
8. STATUS BANGUNAN
a. Surat Izin Bangunan (No/Tgl) : -
b. Luas Bangunan :
1.903,60 M2
9. NPWP : 00.339.599.3.701.000
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, berdasarkan kebutuhan
yang sesuai dengan kondisi lapangan, serta mudah-mudahan upaya pengadaan mesin
jahit dan berbagai kebutuhan yang berhubungan ini dapat perhatian pemerintah
dalam hal ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat melalui bantuan
mesin jahit dan berbagai kebutuhan yang berhubungan guna mendukung kegiatan
Madrasah dalam rangka program kecakapan hidup ( life skill ) demi membangun
keterampilan para siswa/siswi. Atas segala perhatiannya kami sampaikan
ucapan terimakasih.
Langganan:
Postingan (Atom)